Breastfeeding Journey :D

Aku mau sharing aja nih. Sebagai newbie di dunia per-ibu-an ternyata aku bener-bener harus belajar banyak.

Dulu aku gagal IMD setelah ngelahirin Abi, kata dokternya sih Abi agak kesulitan nyari puting aku karena puting aku pendek. Sedangkan, Abi nggak bisa dibiarin terlalu lama di ruang operasi karena ruangannya dingin banget. Nah hari ketiga di RS, berikutnya muncul masalah baru karena puting aku pendek ini Abi agak kesulitan nyedot dari PD, padahal saat itu ASI aku udah keluar cukup lumayan.

Abi nggak berhasil-berhasil nyusu langsung dan bikin aku nyaris frustasi, sehingga lebih sering di pompa terus dikasi pake sendok atau cup feeder sama suster. Sedih? Pasti! Gimanapun pengennya kan skin to skin.

Akhirnya, pas mau pulang dari RS, salah satu suster ngasih ide buat pake nipple shield atau penyambung puting. Membantu nggak? Banget! Waktu itu gue mikir daripada Abi nggak minum ASI apapun caranya aku usahain lah. Abi keliatan udah mulai nyaman pake nipple shield bahkan sampe tumpah-tumpah tuh ASI beleberan kemana-mana.

Terus, hari ke-11 Abi lahir, dia jadi kuning terpaksa harus disinar 24jam di RS. Gue pun harus mompa dan ASI-nya dikasih pake botol.(cerita-nya ada di postingan aku sebelum ini)

Terus jelang sebulan usianya, Abi kesedak ASI 😦 Produksi ASI aku Alhamdulillah memang lumayan dan dia minumnya luar biasa dahsyat. Kadang aku pompa 110ml pun dia abis, ternyata itu over feeding. Untuk baby new born kaya Abi belum butuh ASI sebanyak itu.

Penggunaan botol dan nipple shield bisa jadi salah satu penyebab Abi kesedak karena kan alirannya ga bisa kita pantau bisa  jadi deres banget kan. Ngeri banget deh liat Abi kesedak sampe sulit bernafas dan agak biru, dia harus dilariin ke UGD.

Hancur banget hati aku, anak aku harus di suction buat ngeluarin susu-nya itu. Mana penangannya bukan di RS buat ibu dan anak jadi kata dokternya harus di rontgen sama diambil darah. Katanya susunya masuk ke paru lah, harus di observasi 24 jam lah. Ahhh, bikin stress….!

Coba  bayangin, anak bayi kan masih susah dicari pembuluh darahnya, terus Abi diambil darah udah ditusuk tapi nggak kena, mau marah nggak sih?

Akhirnya, aku putuskan memindahkan Abi ke RSIA tempat dia lahir. Kondisinya Abi pas dibawa ke RSIA sudah sangat baik. Dokter jaganya bahkan bilang, kalau tersedaknya ini nggak mungkin sampai ke paru-paru karena kalau sampe paru, pasti sampai saat itu masih sesak. Tapi, saat itu aku minta dokter supaya Abi dirawat aja, untuk di observasi lebih lanjut.

20150831_093006.jpg

Di RSIA tempat lahir Abi,  ketemu konselor laktasi yang nyaranin aku  nggak pake lagi nipple shield lagi.Gimana pun menyusui secara langsung tanpa ada alat bantu jauh lebih meningkatkan bonding time ibu dan anak.

Abi mau ternyata nyusu langsung, tapi harus setengah maksa plus dia nangis kejer terus karena mungkin nyusu langsung ga semudah dia nyusu pake nipple shield atau botol yang alirannya dpt dengan mudah keluar.

IMG-20150831-WA0008.jpg

Begitu pulang ke rumah, muncul masalah baru lagi Abi jadi bingung puting. Anaknya yg nggak biasanya rewel jadi rewel, terus gelisah, terus kalo tidur sebentar-sebentar bangun, bikin jadi serba salah deh 😦

Setelah kejadian ini itu, aku nggak mau itu terulang lagi. Tante aku rekomendasiin untuk ketemu ahli laktasi yang katanya top banget, namanya dr. Utami Roesli. Dokter Utami ini adalah dokter anak yang concern banget sama masalah ASI. Jadwalnya dia padat merayap banget, tapi rezekinya Abi deh tiba-tiba ada yg cancel jadi Abi bisa langsung konsultasi.

Tiga jam belajar laktasi sama dokter Utami, dia ngajarin teknik menyusui sampe serba serbi menyusui detail banget.Pas di dokter Utami, Abi bisa menyusui dengan lancar. Sejujurnya, pas perjalanan pulang agak pesimis sih, bisa nggak ya nyusunya. Dannnnn… Berhasil !!! Alhamdulillah ya Allah, jadi lebih tenang karena Abi-nya pun lebih tenang.

Dulu aku selalu berpikir, ah nyusuin bisa lah, anak itu pasti udah ada naluri untuk bisa nyusu langsung dari ibunya, liat aja ibu-ibu yang dgn mudah nyusuin di kendaraan umum atau tempat umum. Tapi ternyata, gue salah besar. Kegiatan laktasi kegiatan yang sama sekali nggak bisa diremehin. Buat moms yang lagi hamil atau baru-baru breastfeeding nggak ada salahnya deh set appoinment ketemu dr. Utami Roesli paling nggak sekali. Nggak bakalan nyesel! Happy breastfeeding 🙂

Abi take a picture sama dokter Utami dulu ahhh 😀

IMG-20151023-WA0002

Oh iya, sampai sekarang Abi dokter anaknya pun dokter Utami loh. Soalnya, Ibu Abi takjub banget, waktu itu nyoba imunisasi di dokter Utami, Abi nggak nangis sama sekali. Udah gitu, dokter Utami itu komunikatif banget dan siap banget ngejawab list pertanyaan Ibu Abi hehe. Tau sendiri kan, Ibu Abi kan super cerewet ha ha ha…  Nah ini juga yang nggak kalah penting, dokter Utami siap diganggu diluar jam prakteknya setiap di-SMS jawabnya cepet banget. Huaahhh pokoknya favorit Abi dan Ibu dehh…! :))

XOXO,

Icha

 

 

 

Leave a Reply

