Ready for MPASI :)

Wah, nggak berasa 2 hari lagi umur Abi 6 bulan dan itu tandanya menuju MPASI. Sebagai Ibu baru, sejujurnya deg-degan deh. Dipikiran tuh muncul pertanyaan-pertanyaan, nanti Abi lahap nggak ya makannya? Abi doyannya makan apa ya? Menu MPASI dari hari ke hari apa ya?

Nah, sebelum mulai MPASI ini, aku udah konsul sama dokter anaknya Abi. Dokter Utami bilang, buah pertama yang sebaiknya diberikan ke bayi yang mau mulai makan adalah alpukat karena alpukat merupakan buah yang cukup padat teksturnya. Kasih alpukat di beberapa hari yang sama.

Dokter Utami mengingatkan, untuk makan buah ini banyak sekali yang membuatnya dengan mencampur ASI. Ini tidak perlu dilakukan πŸ™‚ Banyak nih yang suka salah persepsi, dianggepnya ASI itu seperti minuman jadi sering dicampurkan ke buah-buah. ASI itu juga makanan, hanya saja makanan berbentuk cair.

Dokter Utami sih menyarankan untuk nggak kasih buah-buahan yang aneh dulu, misalnya kaya buah Naga. Diawal-awal belajar makan, sebaiknya bayi nggak usah dikasi makanan hasil eksperimen Ibunya hehe πŸ™‚

Untuk persiapan peralatannya sih, juga belum terlalu heboh karena kan belum makan bubur tim gitu. Jadi, paling aku hanya prepare piring, sendok, gelas, saringan, blender, dan botol dot.

Kira-kira gambaran MPASI untuk usia 6-6,5 bulan kaya gini nih :

06.00 ASI

09.00 Bubur ASI

11.00 Buah

13.00 ASI

15.00 Jus Sayur/Biskuit Bayi

17.00 ASI

20.00 ASI

Bubur ASI itu apa sih? Bubur ASI itu adalah bubur yang dibuat dari beras juga, lalu ditambah ASI.

Nah, aku sempet tanya nih ke dokter Utami, kenapa sih nggak pake bubur bayi yang dijual di pasaran aja, karena kan lebih simpel. Tapi, dokter Utami menyarankan untuk membuat sendiri supaya lebih alami.

Ini nih cara bikin bubur ASI :

2-3 sendok makan beras merah/beras putih (better yang organic)

4 sendok air putih

40-50ml ASIP

Cara Membuatnya :

-Beras merah/putih dicuci sampai bersih, lalu dikeringkan.

-Blender kering beras tersebut hingga menjadi tepung beras

-Masak tepung beras dengan air putih beberapa menit saja.

-Setelah agak dingin, baru campurkan ASI

Mencampur ASI saat panci diatas api bukan hal yang tepat lho. Karena, ASI ini kandungan zat-zatnya sebagian akan hilang, sayang kan?

Setelah makan buah, makan bubur ASI, ataupun makan jus sayur, berikan air putih untuk bayi ya, bukan ASI. Biar bayi kita terbiasa dengan air putih

Oiya, belakangan ini lagi tren banget metode makan BLW (Bab Led Weaning), katanya sih buah dipotong-potong agar bisa digenggam si bayi. Lalu, bayi akan memegang makanannya sendiri dan mencoba mencicipi rasa makanannya. Aku pribadi sih, nggak terlalu berani untuk mengaplikasikan metode ini untuk Abi. Soalnya, aku trauma banget dengan kejadian Abi yang tersedak. Sekarang ini tuh, Abi udah punya gigi di bawah. Takutnya, dia sudah mampu menggigit makanannya dengan potongan agak besar, lalu kesedak 😦 Awal-awal gini, aku lebih milih makanan yang lembut dulu deh.

Hmmm, jadi nggak sabar deh menanti Abi MPASI, wish me luck!

XOXO,

Icha

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Ready for MPASI :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s