Abi’s First Teeth :D

Dari lahir, Abi itu nggak doyan begadang alias jarang-jarang bangun malem. Pernah pas baru beberapa hari pulang ke rumah, dia bobo sampai 5 jam. Aku ngeri kan jadinya dan was-was kenapa nih anak kok nggak bangun minta mimi susu. Ternyata, memang dasar anaknya yang kuat bobo aja nihhh…

Dari lahir, Abi juga jarang banget nangis. Nggak pernah nangis lama-lama. Paling standar lah, nangis kalau haus, lapar, ngantuk, dan kepanasan. Luar biasa memang anakku… Dari hamil sampai lahir nggak pernah ngerepotin emaknya. Tau aja, kalau Babanya jauh 😀

Tapi suatu ketika, Abi yang nggak doyan begadang dan jarang nangis mendadak rewel banget. Malem bangun tiap dua jam dan maunya nyusu terus. Asli deh, rewelnya beberapa kali lipat dan bikin aku jadi serba salah. Waktu itu malah belum dapet pengasuh, stress lah Ibu Abi.

Nangis terus, mana maunya digendong mulu. Sedangkan, berat badannya lumayan lohhh… Abi di umur 3 bulan itu beratnya 6,5 kilo. Hmmmm, lumayan kalau ngegendong-gendong dia. Udah gitu, malem bangun-bangun terus. Maunya nempel teruuuuss…

Sampe suatu hari nih, pas Abi lagi nangis dengan suara menggelegarnya itu plus mulutnya nganga gede, neneknya Abi nemuin kalau ada bayangan putih di gusi bagian bawah. Yaps, Abi mau tumbuh gigi. Pantesaannnnn…..!

Kadang orang dewasa aja kalau mau tumbuh gigi ada yang kesakitan, bahkan ada yang demam, ada yang gusinya gatel, macem-macem deh. Orang dewasa sih mending masih bisa nahan sakitnya, kalau nggak tahan bisa minum air garam atau paracetamol. Ini anak bayi 3 bulan yang mau tumbuh gigi, kasian banget ngeliatnya 😦 Abi jadi cranky banget. Untungnya, nggak pakai acara sakit atau demam. Dan kondisi seperti itu juga nggak bertahan lama-lama banget, hanya sekitar 2 mingguan.

Oiya, karena mau tumbuh gigi, air liur yang keluar dari mulut Abi juga jadi berlebih. Gusi yang giginya mau tumbuh itu juga mungkin terasa gatel, jadi Abi maunya gigit-gigit sesuatu dan semua benda dimasukan ke mulutnya. Jadi, aku sering kasih dia teether.

abi teeth 2.jpg

Nah, menyiasatinya aku lakukan 2 hal kalau Abi nangis terus :

1.) Menyusui : kegiatan menyusui itu ternyata bisa menenangkan bayi. Bayi bisa ngerasain kehangatan ibunya. Setidaknya, mampu meredakan kegelisahan bayi karena kondisi yang nggak nyaman.

2.) Skin to Skin : ini adalah salah satu cara yang aku gunain untuk menenangkan Abi. Skin to skin itu kondisi dimana kulit Ibu dan kulit bayi bersentuhan. Lebih bagus kalau Ibu dan bayi sama-sama tidak mengenakan baju atau baju yang super tipis. Biasanya aku letakkan Abi di dada dan aku dekap dia. Dia akan merasakan dekapan hangat ibunya.

Menjelang usia 6 bulan, gigi Abi benar-benar udah keliatan keluar.

abi teeth

Nah, mulai belajar gigit-gigit nih. Semua yang masuk ke mulutnya berusaha dia gigit. Bahkan, saat direct breastfeeding denganku dia mulai menggigit putingku. Padahal, selama ini Abi nggak pernah menggigit putingku loh.

Sesakit apapun Abi menggigit putingku, aku nggak boleh teriak karena aku nggak mau Abi berpikir bahwa tindakannya menyakiti aku dan akhirnya dia nggak mau menyusu langsung. Menyiasatinya, kalau Abi sudah mulai menggigit aku akan mengajaknya bicara, “Eh anak pinter Ibu miminya yang pinter yuk…” atau “Abi sayang nggak gigit-gigit ya, Nak..” Sambil aku elus-elus kepalanya dan aku ciumin. Dan Abi pun mulai mengerti. Dia sudah mulai jarang menggigit.

Banyak yang bilang sih mungkin aku sering mengonsumsi kalsium, jadi gigi Abi tumbuh lebih cepat. Tapi, kalau menurut aku sih memang perkembangan anak beda-beda aja. Ada yang cepat tumbuh gigi, ada yang cepat bisa jalan, ada yang cepat bisa merangkak dan sebagainya.

Buat aku, perkembangan Abi sekecil apapun selalu menarik untuk diikuti dan selalu membahagiakan 🙂

XOXO,

Icha

 

Leave a Reply

