Serunya MPASI

MPASI Abi sukses banget nihh… Abi selalu makan apa aja yang dikasih dan selalu habis. Di minggu pertama dan kedua Abi 3x makan. Ini nih jenis-jenis makanan yang dimakan Abi :

-Bubur Beras Merah ASIP
-Buah : Alpukat, Pisang, Pepaya, Jeruk
-Sayur : Brokoli, Wortel, Tomat, Kabocha

Ada beberapa makanan yang Abi kurang suka kaya pisang, tomat, wortel, tapi tetap diabisin tuh πŸ˜€

Nah, menjelang 6,5 bulan, Abi mulai makan 4x. Tambahannya adalah bubur saring. Cuma, demi efisiensi waktu karena Abi super nggak sabar kalo kelaperan, aku nggak saring buburnya, tapi aku blender. Hi hi hi… Menurut aku sama aja, soalnya kan intinya adalah bayi dikasi makanan yang teksturnya lembut, diblender kan juga lembut.

Eh iya, sebelum aku share tentang bubur saringnya, aku mau share dulu jadwal makan Abi yang sekarang.

06.00 ASI

08.00 Bubur ASI

10.00 Buah

12.00 Bubur Saring

14.00 Jus Sayur

16.00 ASI

Jamnya sih nggak saklek harus jam segitu, kadang kan kalau Abi bobonya lama bisa aja jam makannya jadi geser. Jadi, disesuaikan aja sih sama keadaan Abi saat itu.

Aku mau sharing sedikit tentang bubur saringnya nih. Intinya sih, aku mau kandungan bubur saringnya lengkap ada karbohidrat (dari nasi), protein (dari ayam, ati ayam, ikan, tahu, tempe, daging), vitamin (dari sayur) supaya kebutuhan nutrisi Abi terpenuhi. Setiap harinya, Abi akan makan bubur saring dengan bahan yang berbeda-beda supaya dia makin kenal banyak rasa dan supaya nggak bosan juga.

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat kaldunya terlebih dahulu. Sebenarnya sih nggak harus pakai kaldu, pakai air biasanya juga nggak masalah. Cuma aku pakai kaldu supaya gurih dan Abi lahap makannya.

Bahan Kaldu :
-10 buah ceker ayam
-Air sepanci ukuran sedang

Cara membuat Kaldu :
Rebus air sepanci ukuran sedang. Keprek ceker ayam yang sudah disiapkan, lalu masukan dalam rebusan air di panci. Tutup panci dan biarkan hingga sekitar 1 jam. Lalu, angkat.

Oiya, kaldu ini sekalian bikin banyak untuk beberapa kali makan. Nah, supaya kaldunya nggak keluar masuk kulkas, aku takerin di plastik bening untuk sekali masak dan disimpan di freezer supaya awet. Setiap mau masak dikeluarin satu plastik.

Bahan-bahan :
-1 sendok makan munjung beras merah/putih (aku pakai beras merah karena seratnya tinggi)
-Wortel organic (dikira-kira)
-Brokoli organic (dikira-kira)
-1/2 potong ati ayam
-7 sendok sayur air kaldu

image

image

Kali ini aku menggunakan slow cooker supaya lebih mudah. Lagi-lagi efisiensi, kali ini efisiensi tenaga. Kalau membuat bubur sambil diaduk-aduk gitu repot banget. Apalagi, Abi lagi nggak bisa diem banget, guling-gulingan sana sini, otomatis nggak bisa ditinggal dong. Biar bisa sambil ngerjain yang lain juga.

Cara Membuat :
-Masukkan beras, wortel, brokoli, dan hati ayam pada pot slow cooker. Colokan slow cooker dan biarkan hingga sekitar 4 jam. Banyak yang review slow cooker yang aku pakai merknya Takashi ini katanya lampunya akan mati setelah selesai memasak, tapi kok aku nggak ya. Aku sih paling diliat aja kalo udah cukup lembek, cabut slow cookernya.
-Blender bubur yang sudah dimasak di slow cooker tersebut hingga lunak.
-Siap disantap si kecil deh πŸ™‚

Tadaaaa…. Jadi begini deh

image

Ludes lohh sama Abi πŸ˜€

Paling yang perlu jadi note, bahan makanan yang agak keras kaya wortel, brokoli itu dimasukan dari awal nyalain slow cooker. Tapi, kalo kaya bayam, tahu teksturnya kan lembek banget, nah sebaiknya dimasukan sejam sebelum kelar masak di slow cooker jadi nggak terlalu benyek hasilnya.

Semangat MPASI moms!!

Leave a Reply

