Kapan Bayi Bisa Tengkurap Sendiri?

Setiap bayi tumbuh dan berkembang dengan berbeda-beda. Seperti ceritaku sebelumnya, Abi udah mulai mau tumbuh gigi dari usia menjelang 3 bulan.   Orang-orang sampai pada kaget dengan tumbuh gigi yang begitu cepat ini.

Nah, kali ini aku mau membahas soal tengkurap. Kapan bayi moms bisa tengkurap sendiri? Pasti beda-beda jawabannya!

Banyak komen-komen yang sering bermunculan ketika anak sampai usia 4 atau 5 bulan belum bisa tengkurap sendiri. “Kok bayinya blm bisa tengkurap sih?” Hmmm, komen-komen begitu nggak usah didengerin deh.

Sahabatku cerita, dia mengikuti sebuah grup moms yang membicarakan bahwa anaknya yang berusia hampir 4 bulan harus sering dilatih agar bisa tengkurap sendiri. Sahabatku akhirnya melatih dengan cara mengajari bayinya rolling supaya bisa tengkurap sendiri. Dan tau nggak mom, mungkin ada salah urat atau keseleo gitu, bayinya jadi kesakitan dipegang punggungnya bahkan sampai panas hingga 39,5 derajat celcius. Katanya, sepanjang malam nggak mau tidur tanpa digendong. Paginya, bayinya langsung dibawa ke tukang urut bayi dan sembuh. Alhamdulillah..

Memperlakukan anak bayi itu memang mesti ekstra hati-hati deh. Soalnya, katanya anak bayi cepet banget mengalami trauma.

Aku sendiri nggak pernah maksain Abi harus bisa tengkurap sendiri. Aku selalu berpikir bahwa pada masa-masa usia bayi ini Abi sedang berproses untuk tumbuh dan berkembang dan aku membiarkan semua proses itu terjadi secara alamiah.

Abi sering memiringkan badannya sendiri sejak usianya 3 bulan, bahkan terkadang dia jauh lebih nyenyak tidur dengan posisi miring. Lucunya, dari lahir sampai usia 5 bulanan, Abi paling marah kalo disuruh tidur tengkurap. Bisa teriak lalu nangis.

Terkadang di malam hari, Abi suka nggak sadar tidur miring banget sampe nyaris tengkurap.

Dokter Utami sih sering bilang, Abi yang bobot tubuhnya cukup lumayan (baca : cukup berat) memang agak keberatan pantat untuk tengkurap, tapi pasti bisaa!

Yey, hari itu tiba jugaa… Awal Desember, Abi udah bisa tengkurap sendiri, tapi belum bisa balik lagi. Kita harus bantu dia untuk telentang lagi. 19 Desember 2016, usia Abi 4,5 bulan dia udah bener-bener bisa tengkurap dan telentang sendiri. Senangnya bukan main moms 😀

Nah, sekarang umurnya udah 6,5 bulan telentang tengkurapnya udah jago banget deh. Sekarang hobinya guling-gulingan terus dan selalu menguasai kasur. Lucunya lagi, sekarang dia lebih pules kalau tidurnya tengkurap. Hi hi hi…

Jangan selalu berpatok pada umur dan melihat perkembangan anak lain lalu ngebandingin dengan anak kita moms. Setiap hari pasti ada hal baru yang ditunjukan bayi kita. Dia akan melalui tumbuh dan berkembang dengan prosesnya masing-masing. Dan biarlah proses itu terjadi secara alamiah 🙂

image

XOXO

Icha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s