Toilet Training Sedari Dini

Hello….

Seneng banget deh, tanggal 2 Maret kemarin Abi tepat 7 bulan… Nggak berasa, waktu berjalan sangat sangat cepet.

Di usia 7 bulan ini, Abi udah makin pinter. Ekspresi emosional di diri dia udah mulai muncul kaya marah, kesel, ceria, ketawa girang, dan ekspresi-ekspresi lainnya. Uuuuhh, lucuk banget!

Makanya, aku mau mulai ngajarin kebiasaan baik nih ke dia, yaitu TOILET TRAINING. Apa sih toilet training itu dan gimana sih cara melakukannya? Aku sharing sedikit ya 🙂

Jadi, toilet training itu mengajarkan anak kita untuk Buang Air Besar (BAB) atau Buang Air Kecil (BAK) di toilet, bukan di pampersnya. Kalau untuk anak seusia Abi sih, BAK masih di pampers lah ya, soalnya kan BAK-nya cukup sering dan nggak ada tanda yang spesifik kalau mau BAK hihihi..

Awal mulanya nih, diumur Abi ke 6 bulan lebih, neneknya Abi iseng ngedudukin Abi di closet pas Abi lagi ngeden, dannnn… Sukses lho! Abi berhasil BAB di closet.

Setelah itu, aku langsung membeli soft potty seat buat Abi. Kaya gini nihh :

image
Maap yaa di-sensor hi hi hi…

Aku memilih nggak menggunakan potty training. Soalnya, agak rempong kalau harus ngebersihin potty training setiap kali Abi BAB. Nah, kalau soft potty seat ini kan jauh lebih praktis dan mudah membersihkannya.

Berikut-berikutnya, setiap Abi mulai ngeden, aku langsung angkut dia ke toilet dan Alhamdulillahnya selalu sukses. Happy berat 😀

Ini udah hampir 2 minggu Abi toilet training, anaknya malah kaya lebih plong gitu kalau BAB di closet ha ha ha… Sejauh ini sih, dia jarang banget BAB di pampers.

Lucunya, Abi itu kaya udah punya alarm sendiri. Jam biologisnya udah kaya kita yang orang dewasa. Dia bakal bangun jam 5 atau stngah 6 pagi dan langsung pasang ancang-ancang buat ngeden. Langsung deh cussss ke toilet. Jadi, pagi-pagi perutnya udah kosong dan siap nerima makanan lagi deh.

Saat Abi sedang duduk di closet aku selalu memberitahu dia kalau mau BAB dan BAK itu memang harus dilakukan di closet. Aku memang secara rutin mendudukan dia di closet walaupun dia sedang belum ingin BAB. Nggak lupa aku puji-puji dia meskipun dia nggak BAB di closet.

Mungkin bakal banyak yang komen “Aduh kasian Abi ah, masih kekecilan.” Disini yang perlu di-note aku nggak pernah maksain Abi harus BAB di toilet. Aku hanya memberitahu dia bahwa BAB itu di toilet, selanjutnya aku berusaha membiasakan dia untuk BAB di toilet. Harapannya sih jika dia udah bisa ngomong dia akan terbiasa meminta ke toilet kalau mau BAB maupun BAK 😀

Bukannya membiasakan hal baik perlu dimulai sedari dini? :))

image
Dan ini Abi dengan muka kocaknya 🙂

Buat mommy yang mau mencoba toilet training buat baby kesayangannya, good luck! Pasti kita bisa mengajarkan hal baik sedari anak kita masih sangat kecil…

XOXO

Icha

2 thoughts on “Toilet Training Sedari Dini

Leave a Reply

