Bronchiolitis Pada Bayi

Setelah 7 bulan kemarin Abi nggak pernah sekalipun sakit, kali ini dia kena batuk pilek. Huhuhu…

Duhh, kena batuk pilek kita yang dewasa gini aja rasanya nggak nyaman, bobo nggak enak, bete deh pokoknya. Nggak kebayang kalo anak bayi yang batpil, huhu kasian banget šŸ˜¦

Alhamdulillahnya, Abi bukan tipikal anak yang rewel. Sekalipun dia kena batpil dia tetep jadi anak soleh dan super anteng kebanggaan Ibu.

Beberapa hari lalu, kata ncusnya Abi, Abi bersin-bersin beberapa kali terus agak meler. Padahal, dirumah nggak ada yang kena flu. Nah aku keingetan, weekend kemarin main ke rumah omnya Abi, dia baru sembuh flu. Nah, Abi ditidurin dikamarnya yang spreinya belum diganti. Aku yang salah nih, nggak hati-hati banget. Maafin Ibu ya, Nak…

Sebelum semakin parah batpilnya, aku bawa Abi buat massage yang memang khusus buat batpil di mom n jo. Lumayan juga nih harganya Rp. 215.000,- buat sekali treatment dan kurang lebih sekitar 30menit. Awal-awal Abi santai, cuma lama-lama dia nangis dan cranky, mungkin juga karena ngantuk. Cuma abis massage dia langsung tidur pules.

image
Ekspresi bete di massage

Sekitar semingguan Abi sakit batpil aku nggak bawa dia ke dokter. Tapi, aku intens komunikasi sama dokter anaknya dan sahabatku yang dokter. Beberapa hal yang aku lakukan untuk Abi di rumah :
1.) Abi dikasih minum air putih lebih banyak dari biasanya
2.) Abi dikasih ASI lebih banyak dari biasanya
3.) Kalau tidur ditengkurepin atau dimiringin supaya dahaknya naik
4.) Jemur Abi di matahari pagi
5.) Porsi makan agak dikurangin sedikit, takutnya kalau terlalu kenyang dia eneg, batuk-batuk terus muntah
6.) Balur vicks dada dan punggungnya supaya lebih hangat

Setelah aku baca berbagai macam artikel, memang ternyata wajar bayi diatas 6 bulan kena flu. Soalnya, 6 bulan ke belakang kan dia hanya mengonsumsi ASI yang mana bikin daya tahan tubuhnya sangat baik, sehingga nggak pernah sakit. Nah, 6 bulan keatas dia udah mulai makan kan, jadi yg dikonsumsi bukan ASI saja.

Hari ke-9 Abi kena batpil, pileknya sih udah lumayan, tapi batuknya masih grok grok. Kasian kalo udah batuk gitu. Walaupun kalau tidur dia tetep pules sih. Tapi,tiba-tiba aku dapet kabar dari orang rumah kalau suhu badan Abi agak hangat dan dia agak lemes, maunya tidur aja.

Nggak pikir panjang langsung aku bawa ke dokter Utami Roesli. Siang itu jadwalnya dokter Utami untuk kelas laktasi, aku minta tolong banget sama dokter Utami supaya aku bisa disisipin karena Abi nggak mungkin nunggu-nunggu sampai besok. Dokter yang super duper baik itu pun bersedia. Alhamdulillah, makasih ya Allah.

Dokter Utami menduga Abi kena bronchiolitis. Nggak pernah sekalipun aku dengar nama penyakit itu. Dia pun meminta supaya Abi di rontgen paru untuk membuktikan diagnosanya. Dia bilang bahwa kemungkinan besar ada infeksi virus, namun sejauh mana infeksinya itu yang harus segera ditangani.

Setelah menunggu kurang lebih sejam, hasil menunjukan bahwa Abi benar-benar kena bronchiolitis. Ada dua pilihan, rawat jalan dengan minum obat oral atau langsung digempur dengan infus. Dokter Utami sih mengembalikan semua pilihan di aku. Aku mutusin buat dirawat dan digempur dengan infus karena hari itu Abi keliatan makin lemas. Nggak nafsu makan, minum pun nggak begitu banyak. Diapersnya aja nggak diganti beberapa jam masih terasa enteng. Yaaa, Abi dehidrasi šŸ˜¦

Begitu Abi masuk ruang perawatan, hal pertama yang dilakukan adalah diambil darah. Kasian banget ditusuk sana sini sulit menemukan pembuluh darah Abi karena Abi ternyata mewarisi pembuluh darah Ibunya yang tipis-tipis dan sulit ditemuin. Setelah beberapa kali ditusuk baru nemu dan itu Abi udah pake acara kejer luar biasa.

image

Begitu mau ditusuk buat pasang infus, suster bilang dikasi jeda aja dulu karena nyari pembuluh darahnya lumayan susah. Akhirnya, Abi di nebulizer yang tujuannya buat memperlancar pernafasannya dan supaya dahak-dahaknya mencair, lalu keluar melalui feses.

image

Setelah itu, kembali Abi dicoba untuk pasang infus. Tusukannya berkali-kali, bukan salah suster juga sih, mereka udah try do the best, udah hati-hati banget tapi ya memang pembuluh darah Abi tipis, kecil, dan nggak keliatan. Abi nangisnya udah kejer banget, sulit ditenangkan. Pasti sakit ya, Nak.. Hancur banget ya hati ternyata ngeliat anak digituin. Dannnn… Akhirnya berhasil ditemuin, Alhamdulillah…

Nah, apa sih bronchiolitis itu?
Dokter Utami ngejelasin secara garis besar kalau bronchiolitis itu terjadinya infeksi virus di paru-paru. Abi tertular virus flu dari orang dewasa, mungkin kalau nularnya sesama orang dewasa jadinya flu biasa, cuma kalau nularnya ke bayi jadi lumayan berat ya. Dokter Utami ini bilang virus ini ternyata ga mati hanya dengan ASI bisa karena 2 hal :
1.) Ibunya Abi nggak pernah sakit ini, sehingga nggak punya antibodi terhadap penyakit ini di dalam air susunya.
2.) Air susu ibunya Abi punya antibodi terhadap penyakit ini hanya saja virusnya terlalu kuat nggak cukup dilawan pakai ASI.

Aku browsing-browsing tentang penyakit ini. Jadi, virus menginfeksi saluran udara terkecil yang bercabang dari bronkus (tabung pernapasan utama) di dalam paru-paru bayi. Infeksi ini menyebabkan saluran tersebut meradang dan lendir pun mengumpul di saluran ini, ini yang bikin pernapasan terganggu. Salah satu virus yang bisa menginfeksi saluran ini adalah virus penyebab influenza.

Penangan di rumah sakit selain diberi infus untuk mengatasi dehidrasinya, Abi juga diberikan antibiotik melalui selang infus.

Karena panas Abi naik turun, maka diberikan obat penurun panas. Lalu, diberikan juga obat batuk.

Untuk dahaknya selain di nebulizer, Abi juga diberi fisioterapi. Dada dan punggungnya ditepuk-tepuk sama terapisnya. Ternyata Abi doyan banget, sampe ketiduran. Abis fisioterapi dia pules bobonya. He he he…

Sekarang udah hari ke-3 Abi di rumah sakit, doain cepet sembuh yaaa.. Ibunya nulis blog sambil ngeliat dia yang lagi bobo pules šŸ˜€

image

Ayo cepet sembuh, Abidzar… Biar kita cepet pulang ke rumah sayang…

XOXO,

Icha

Advertisements

7 thoughts on “Bronchiolitis Pada Bayi

    1. hai mbak lia… Abi kemarin dirawat 6 hari. Sebenernya dikasi pilihan untuk dirawat jalan tapi hari itu Abi lemas dan muntah terus takut ngasih obatnya nggak efektif. Cepet sembuh buat si baby ya mbak šŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s