READING is FUN :)

Belajar membaca sedari dini?  Pasti ada yang comment “ahh emang perlu?” atau “ahh emang udah bisa?” atau “”jangan maksain dong kan kasian masih kecil!”

Eiiittss, tunggu dulu.. Mungkin mommy-mommy harus mampir ke tempat yang satu ini. Namanya, Reading is Fun. Tempat apa sih itu? Sesuai dengan namanya, di tempat ini anak-anak kita akan diajarkan untuk menyukai kegiatan membaca dan belajar membaca dengan cara yang sangat fun.

Weekend kemarin, weekend yang benar-benar produktif nih karena Abidzar  mendapat kesempatan untuk mengikuti trial class yang tentu saja untuk anak yang seusianya. Sekali lagi mom, TANPA PAKSAAN 😀

Begitu masuk ke tempat ini, kita akan melihat banyak sekali buku untuk anak-anak. Dekorasinya juga khas anak-anak dengan banyak mainan. Menarik  dan nyaman sekali untuk anak-anak.

Sejujurnya, selama ini aku jarang sekali mengenalkan buku pada Abi karena pada dasarnya aku sendiri kurang suka membaca. Hmmmm, salah nih aku. Harusnya, budaya membaca buku itu dimulai sedari dini. Sebelum trial class dimulai, aku ajak Abi membaca buku dulu. Ternyata, Abi cukup tertarik dengan buku loh.

Nah, mulai deh trial class-nya. Dalam class trial tersebut Abi hanya berdua dengan bayi yang berusia 15 bulan. Karena masih trial dan tahapan awal banget, anak-anak boleh ditemani. Orang tua bisa sekaligus melihat seperti apa kondisi di dalam kelas dan metode pengajarannya.

Semua materi disampaikan dalam bahasa Inggris yang menurut aku memang sangat penting di era globalisasi sekarang ini *tsaaahh

Kelas dibuka dengan perkenalan dan nyanyi-nyanyi lagu anak-anak berbahasa Inggris. Anak-anak juga sambil memegang alat musik seperti gendang dan bel. Lagu-lagunya pun nggak asing sih karena dirumah aku juga sering mengajarkan lagu anak-anak berbahasa Inggris kaya “Wheels on The Bus” atau “If You’re Happy”. Jadi, begitu Abi mendengar lagu tersebut dinyanyikan, Abi senyum-senyum, hi hi hi..

Liat videonya disini yuk, biar bisa liat suasana di kelasnya 😀

Sesi selanjutnya, anak-anak mulai dikenalkan dengan tulisan namanya, tulisan nama hari, tulisan tanggal, tulisan nama bulan, tulisan tahun, dan tulisan keadaan cuaca. Kalau aku bilang sih ini menstimulasi anak untuk mendengar, melihat lalu pada akhirnya berbicara. Diusia Abi yang menginjak 10 bulan ini, Abi sudah mulai merespon apa yang kita bicarakan, makanya stimulasi  untuk belajar membaca seperti ini sangat penting. Dia juga sudah mulai meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Misalnya, kakeknya sering sekali minum di depan dia, lalu bersuara “ahhh…”, Abi pun mulai menirunya. Setelah minum, Abi sering bersuara “ahhh..”, lucunyaa… Makanya, mengajarkan hal-hal untuk mencintai budaya membaca seperti yang dilakukan di Reading is Fun sangat perlu.

Sesi selanjutnya, anak-anak diajarkan satu demi satu kata dengan sebuah card bertuliskan kata tersebut. Misalnya, kata “CLAP”. Ada 3 buah card yang ditunjukan pada anak-anak. Card pertama adalah card yang hanya bertuliskan “CLAP”. Card kedua adalah card yang disampingnya bisa ditarik lalu muncul sebuah gambar orang yang sedang tepuk tangan. Card ketiga adalah card yang begitu dibuka ada beberapa orang yang sedang bertepuk tangan. Lalu dicontohkan “CLAP” itu seperti apa. Beberapa kata lain seperti “ARMS”, “ARMS UP”lawannya “ARMS DOWN”. Selain card itu dibaca, anak-anak juga harus mencontohkan gerakannya.

Lalu diajarkan juga mengenal berbagai warna yang tentunya diberikan contoh warna lalu disebutkan warna apa dan tulisannya. Pengajar yang disapa “Miss” juga menyampaikan materi dan mengajak bernyanyi sambil bersemangat.

Simak lagi videonya yuk..

Ada 4 jenis kelas yang ditawarkan di Reading is Fun. Kelas-kelas ini dibagi berdasarkan usia anak dan ditujukan untuk anak usia 6 bulan hingga 9 tahun.

  • Your Baby Can Read – Playgroup (6-18 bulan)
  • Your Baby Can Read – Nursery (18 bulan-3 tahun)
  • Your Child Can Read (3-5 tahun)
  • Reading Rocket Book Club (4-6 tahun dan 7-9 tahun)

Setelah mengikuti kelas ini, bahkan katanya ada anak 1 tahun sudah bisa baca loh. Wahhh, super keren!

Oiya, nggak harus ikutan kelas kok, kalau hanya sekadar ingin mengajak anak-anak membaca boleh juga karena memang tersedia koleksi buku anak-anak yang cukup banyak.

Namanya anak-anak, pasti ada kalanya mereka boring dan ogah buat nyimak materi atau nggak mau belajar. Itu hal yang lumrah kok Mom. Tugas kita adalah memberi yang terbaik untuk anak tercinta 😀

Kalau mau tau info lengkap tentang Reading is Fun, bisa langsung dateng ke :

Jl. Kerinci III No. 9, Kebayoran, Jaksel

Ph. 021-7221584

Atau bisa cek instagram mereka di @babycanlearn atau @readingisfun_jakarta

Semoga bermanfaat Mommy! 🙂

 

XOXO,

Icha

Advertisements

8 thoughts on “READING is FUN :)

  1. wah, senang ternyata ada kelas kayak gini buat bayi. nanti deh kalo udah punya bayi aku ikutin ke kelas yang kayak gini. nyari bapak buat anak-anak dulu kali ya 😀

    penting lho menumbuhkan minat baca sejak kecil, soalnya pasti bakal berguna banget kalo dia udah gede 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s