BUMIL & BUSUI, Bisa Puasa :D

Hellooo, i’m back!

Beberapa minggu terakhir ini, memang menjadi minggu yang cukup berat untuk aku. Menjelang Idul Fitri, karena mau ngambil cuti agak panjang, kerjaan super menumpuk. Makanya baru sempat muncul lagi 😛

Btw, selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi semua yang menjalankannya! 🙂

Kalau bulan Ramadhan taun lalu, aku lagi hamil gede 38 weeks, tapi Alhamdulillah dikasih kesempatan buat menjalankan Ibadah puasa. Karena kondisi kehamilan yang cukup baik dan kuat plus agak kelebihan bobot tubuh juga (hiyaaakkkk! :p), Dokter malah menyarankan untuk turut berpuasa. Alhamdulillah lancar dan berhasil melalui dengan baik. Hanya batal 2 hari, itu pun karena terlalu kelelahan setelah senam hamil.

Ini ada beberapa tips dari aku berpuasa saat hamil :

1.) Konsultasikan dulu pada dokter kandungan apakah kondisi kehamilan cukup baik dan kuat untuk berpuasa.

2.) Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

3.) Sekalipun berpuasa, asupan makanan tetap tidak boleh berkurang dong karena di dalam rahim ada yang kita perlu berikan asupan makanan juga loh 🙂 Kalau aku sih, makan sahur, makan saat berbuka puasa, lalu makan malam sebelum tidur.

4.) Porsi makannya bukan yang berlebih-lebihan loh, tapi yang terpenting terperhatikan nilai gizinya. Sebaiknya, perbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

5.) Vitamin yang diberikan dokter jangan sampai terlewatkan.

6.) Sebaiknya, kehamilan muda dan masih sering mabuk tidak perlu memaksakan diri berpuasa karena ditakutkan bisa terjadi dehidrasi. Allah sama sekali tidak mempersulit hamba-Nya. Jadi, kalau pun nggak bisa ikut berpuasa jangan khawatir 🙂

7.) Minum herbalife. Nah, semenjak sebelum hamil sampai sekarang aku masih mengonsumsi herbalife nih. Alhamdulillah pas puasa sama sekali nggak lemas loh.

Nah, di bulan Puasa kali ini, Alhamdulillah lagi karena aku juga diberi kesempatan menikmati nikmatnya berpuasa. Walaupun masih menyusui Abi, setelah berkonsultasi dengan dokter laktasiku, beliau mendukung aku berpuasa. Menurutnya, Abi sudah tidak terlalu banyak minum ASI. Paling dia minum Sore, Malam, dan Pagi hari. Jadi, aku tetap bisa berpuasa. Alhamdulillah :))

Ini beberapa tips yang bisa aku share buat Ibu-ibu menyusui yang ingin berpuasa.

1.) Sebaiknya, Ibu menyusui yang ingin ikut berpuasa bayinya yang sudah berusia diatas 6 months. Karena bayi dibawah 6 months, masih menjadikan ASI sebagai makanan utamanya. Kurangnya asupan saat berpuasa, agak mempengaruhi banyaknya ASI. Sekali lagi, Allah sama sekali tidak mempersulit kok 🙂 Kebutuhan bayi adalah yang utama buibuk! 😀

2.) Perbanyak air putih. Saat sahur, berbuka, dan malam hari sebelum tidur konsumsi air putih sebanyak-banyaknya. Resikonya memang bolak-balik ke toilet sih :p

3.) Asupan makanan tetap harus terjaga dengan baik. Bukan porsi karbohidratnya berlebihan ya, tapi sayur-sayuran dan buah-buahan yang harus diperbanyak.

4.) Minum herbalife lagih 😀  Asli loh, aku puasanya jadi lebih kuat, nggak lemes, dan nggak ngantukan. Hi hi hi…

Semangat bumil dan busui, KITA PASTI BISA!! 🙂

 

XOXO,

 

Icha

 

 

Advertisements