[EVENT] Kafe BCA III “OK : Generasi Baru Kekuatan Ekonomi Indonesia”

“Kita Harus Membuat Hal-hal Kecil yang Tidak Terlupakan”

-Steve Jobs

 

Setuju banget sama Om Steve Jobs ini. Kita sebagai generasi muda harus banget bikin sesuatu yang melekat diingatan masyarakat. Di Indonesia ini tuh, banyak banget anak muda yang kreatif. Terbukti dari bermunculannya industri-industri kreatif yang dipelopori anak muda yang perkembangannya sangat melesat. Usahanya unik-unik dan bikin kita berkomentar “kepikiran ya bikin usaha itu”.

Badan Pusat Statistik (BPS) menghimpun data, bahwa pertumbuhan sektor ekonomi kreatif ini mencapai 5,76 persen atau diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, yakni sebesar 5,74 persen. Dengan nilai tambah sebesar Rp. 641,8 triliun.

Dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) 2015-2019 juga disebutkan bahwa, akselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif adalah salah satu indikator pertumbuhan ekonomi negara. Nah, karena sebagai salah satu faktor pertumbuhan ekonomi negara,  Orang Kreatif (OK) baiknya difasilitasi agar semakin berkembang untuk berinovasi dalam usahanya.

Berangkat dari hal itu, BCA ngadain sebuah Talkshow berjudul “OK : Generasi Baru Kekuatan Ekonomi Indonesia”. Sebagai newbie di dunia usaha, aku ngerasa perlu banget nambah ilmu. Nah, pas banget diundang ke acara ini dan menerima input-input dari pembicara yang kompeten banget. Ada Pengamat Pariwisata dan Industri Kreatif di Pusat Studi Pariwisata UGM Erda Rindrasih, Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya APINDO Solihin Sofian, Pengamat Ekonomi Cyrillus Harinowo, CEO Kratoon Channel Andi Martin, Ketua Bandung Creativity City Forum (BCCF) Fiki C. Satari, dan GM BCA Learning Service Lena Setiawati.

Tujuan talkshow ini, buat menyambut event yang dibuat BCA Learning Service, yaitu Indonesia Knowledge Forum (IKF) Vdengan tema Moving Our Nation to the Next Level : “Optimizing Knowledge and Creativity to Ride the Wave of New Generation in Accelerating Indonesia Economy”. Tentu saja IKF ini merupakan sebuah wadah untuk memfasilitasi orang-orang di industri kreatif untuk mengembangkan diri.

IKF sendiri telah diadakan di Ritz Carlton Pacific Place Hotel Jakarta, tanggal 6-7 Oktober yang lalu. Wah, pembicaranya pun sangat menarik dan tentu saja menginspirasi. Setelah dibuka oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, IKF V secara resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahyayang memberikan inspiring closing speechdengan tema “Optimizing Knowledge and Creativity of New Generation”. Selain itu,para peserta juga telah mendengarkan kisah inspiratif dari mereka yang sudah mendulang sukses, seperti Chairman MatahariMall.com Emirsyah Satar, Founder Yayasan Surya Institute Yohanes Surya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kepala Eksekutif Lembaga Penjaminan Simpanan Fauzi Ichsan, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Indiepreuner Panji Pragiwaksono, dan 12 pembicara inspirasional lainnya. Two tumbs up! 👍👍

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s