One Day #SingaporeTrip

Finally, disela kesibukan Baba-nya Abi, dia bisa nyempetin waktu buat “very short trip” ke Singapur. Yeyyyy! Ini aja Ibu Abi udah happy banget, ha ha ha…

Well, karena kami dari Batam yang jaraknya cukup deket menuju Singapur kami ke Singapur naik kapal ferry. Perjalanannya sekitar 1 jam dan hampir setiap jam ada keberangkatan. Horeee, Abi udh pernah coba semua alat transportasi. Jam 06.00 kami menuju pelabuhan di Batam Centre Point International Ferry Terminal. Kami memilih keberangkatan jam 07.00 waktu Batam.

We are readyyyyy…..

Oiya, kami memilih Kapal Ferry “Majestic” dan sudah membeli tiket sehari sebelumnya di Mega Mall Batam Centre. Jadi ada money changer merangkap travel yang menjual tiket kapal ferry. Masing-masing orang dikenakan Rp. 280.000,- per tiket untuk pulang pergi, murah kan? Abi juga dikenakan tiket harga normal (nggak ada perbedaan harga tiket dewasa dan anak-anak). Anak-anak yang nggak kena tiket adalah usia 3 bulan ke bawah. Untung sudah membeli tiket sebelumnya, karena ternyata di counter Majestic di pelabuhan harga tiketnya jauh lebih mahal. Jadi kalau mau coba ke Singapur, beli tiket di travel agen di Mega Mall Batam Centre yaaah…

Pengalaman baru naik kapal πŸ™‚

Sampailah kami di Harbour Front, pelabuhannya Singapura. Harbour Front ini satu kawasan dengan sebuah mall yaitu Vivo City. Buat yang niat ke Singapur cuma untuk belanja, aku rasa di Vivo City aja udah cukup karena lengkap banget, hampir semua brand ada. Mau cari popcorn Garrets dan oleh-oleh cokelat pun ada πŸ˜‰

Sampai Harbour Front, kami pun mengantri imigrasi. Lamaaaaaa.. Nggak tau kenapa, menurut aku imigrasinya super lama loh, kita ngantri hampir 1 1/2 jam sendiri, buang-buang waktu banget. Abi pun sampe rewel. Begitu beres, kita nggak mau buang waktu nih, langsung ke MRT untuk menuju Singapore Botanic Garden (SBG)
Singapur punya banyak taman yang cantik-cantik. Salah satunya, SBG ini. SGB merupakan taman tertua di Singapur loh. Taman ini didirikan tahun 1859, didesain oleh Lawrence Niven dengan inspirasi taman dengan Inggris style gitu. Didirikan diatas tanah seluas 60 hektar dan memiliki lebih dari 750 ribu spesies tanaman. Nggak heran kan kalau UNESCO menobatkan taman ini menjadi salah satu warisan budaya. 

Pengunjung bisa berolahraga, bermain bersama keluarga, sekadar bersantai, mempelajari beraneka flora, bahkan piknik di SGB.
Butuh waktu seharian sih buat ngiterin keseluruhan taman ini. Soalnya, SBG ini luas banget dan punya berbagai jenis taman ada National Orchid Garden, Themed Gardens (Ginger Garden, Healing Garden, Fragrant Garden, Foliage Garden, dan Evolution Garden), dan Jacob Ballas Children’s Garden.

Untuk masuk ke semua area, cuma National Orchid Garden yang kena biaya tiket, buat orang dewasa S$ 5 dan anak-anak di bawah 12 tahun S$ 1 (Kemarin sih kursnya, S$ = Rp. 9.400,-)

Berhubung aku waktunya sempit, jadi fokusnya berkunjung ke taman yang khusus buat anak-anak, yaitu Jacob Ballas Children’s Garden. Anak-anak bisa bermain sambil belajar mencintai alam. Bahkan, ada area untuk bermain air loh. Next, kalau kesini lagi Abi harus puas main sih ini.. 

Bagian depan Jacob Ballas Children’s Garden
Area bermain air
Ada rumah pohonnya 😁

Jembatan gantung

Buat yang kelaperan, nggak usah khawatir karena di setiap taman ada kafenya. Karena kami sampai pas banget makan siang, Abi pun makan dulu.. Kalau harga makanannya, tau sendiri kan di Singapur nggak ada yang murah😁

SBG buka mulai dari jam 05.00 sampai 00.00, mantep kan..  Menuju ke SBG juga terbilang gampang. Naik MRT aja, bisa turun di Botanic Garden atau Orchad station. Ssssttt, SGB ini deket Orchad Road, jadi abis panas-panasan di taman bisa cusss ngadem ke mall di Orchad hi hi hi..

Perjalanan berikutnya ke Bugis Street. Tadinya, mau cobain makan di Zam-zam cuma udah jalan ngikutin peta nggak nemu. Zzzzzz… Akhirnya, ujung-ujungnya makan MCD (capek dehhh…) Di Bugis, kita cuci mata aja sih, ehh Baba belanja dikit deng di Bugis Junction ha ha ha.. 

Kita pun ngelanjutin perjalanan ke Garden By The Bay. Kita turun di Bay Front station. Nah, buat ke gate-nya Garden By The Bay kita naik shuttle seharga S$ 3 per orang. Sayangnya, hujan cukup gede dan bikin kami nggak bisa jalan-jalan. So sad 😭

Kami memutuskan nggak masuk ke wahana kaya Flower Dome dan Cloud Forest karena sayang banget harga tiketnya nggak murah, sedangkan kita nggak bisa lama-lama karena ngejar kapal ferry balik ke Batam. Akhirnya, kita cuma duduk-duduk sebentar nemenin Abi makan kentang goreng deh.

Naik shuttle menuju gate Garden By The Bay

Gloomy day in Garden By The Bay

Kami nggak lama di Garden By The Bay karena nggak bisa jalan-jalan juga kan. Kami pun memutuskan menuju ke Harbour Front, disana bisa jalan-jalan sebentar di Vivo City, belanja cokelat, dan popcorn Garrets sambil menunggu kapal menuju Batam. Oiya, kapal terakhir menuju Batam jam 21.00 waktu Singapur. Kami mengambil keberangkatan jam 20.00 supaya nggak terlalu malam sampai Batam lagi.

Kita juga bisa naik ferry dari Batam menuju Malaysia lohh… Nah, next pengennya Johor Baru dan Malaka nih πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰ *lempar kode ke Baba*


XOXO,

Icha

Advertisements

One thought on “One Day #SingaporeTrip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s