Gimana Sih Biar Berhasil Menyusui?

Hai buibuuu…

Postingan aku beberapa minggu lalu, curhatan aku yang geram banget sama seorang seniman yang konon pake ASI buat objek seninya. Keseeeeeel….! Kenapa aku segitu keselnya? Ya karena aku harus ngelewatin perjuangan berat sebelum akhirnya bisa nyusuin Abi sampe sekarang. Makanya, sensi banget pas tau ASI dibuang-buang. Huhu

Nah, kali ini aku mau cerita sedikit tentang perjalanan menyusui yang harus aku lalui. Begitu melahirkan, ASI aku nggak langsung keluar. Tapi, rumah sakit itu support untuk nggak langsung main kasih sufor. Sufor nggak jelek kok, kandungannya pasti sudah sangat dipikirkan matang-matang karena untuk kebutuhan bayi, tapi selagi Tuhan memberikan kesempatan untuk mampu memberikan ASI, aku pikir harus dilakukan semaksimal mungkin. Lagipula, nggak semua bayi bisa cocok dengan sufor, kadang ada bayi yang alergi minum sufor. 

Dulu aku nggak muluk-muluk Buibu, paling nggak 6 bulan ASI eksklusif udah seneng bener. Karena di awal menyusui, aku agak kesulitan buat nyusuin Abi, pake nipple shield lah, Abi bingung puting lah, sampe Abi kesedak dan harus di suction. Cerita lengkapnya ada disini

Perjalanan menyusuiku nggak cuma sampai disitu, aku yang saat itu working mom harus struggle banget untuk tetap menyusui dengan kondisi pekerjaan yang menumpuk dan stress yang cukup tinggi. 

Apa kunci keberhasilan menyusui versi aku?
1. Ibu menyusui harus BAHAGIA!

Sejak menjadi ibu menyusui, aku mencoba selalu menyenangkan diri sendiri. Seperti, makan makanan enak nggak mikirin takut gendut, pumping sambil liat foto Abi, jalan-jalan ke mall kalau mulai suntuk, pergi liburan, sampai pumping sambil ngeliatin online shop lanjut memesannya :p 

2. Support orang sekeliling

Ini yang aku syukuri, dikasih suami, keluarga, sahabat-sahabat yang nggak berenti untuk support aku. Sesungguhnya, salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan menyusui karena kurangnya support dari keluarga. Bentuk support-nya sederhana tapi berarti banget buat aku. Misalnya, suami memenuhi keinginanku makan enak yang lagi aku pengen, keluarga selalu ngajak aku buat refreshing, dan sahabat-sahabat selalu ngajak aku ngerumpi hal-hal seru. Itu menjadi energi positif buat aku.

3. Rajing pumping dan direct breastfeeding

Pumping adalah hal yang nggak boleh terlewatkan. Ketika si bayi nggak nyusu langsung, ibu wajib banget buat pumping. Terlebih, buat working mom yang kudu punya stok ASI. Eh iya, management ASI saat aku bekerja dulu aku tulis disini

Jangan lupa juga buibu, menyuasui bayi secara langsung itu juga perlu banget. Prinsip ASI itu supply-demand. Jadi, ketika ASI disedot bayi, dia akan kembali berproduksi. Nah, kalo bayinya rajin menyedot ASI, otomatis akan terus berproduksi. Kestabilan keluarnya ASI pun akan terjaga.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Dulu, aku anti makan sayur. Tapi, setelah hamil dan melahirkan aku berhenti jadi orang egois. Aku mau anakku sehat, aku juga sehat. Aku mau asupan untuk aku dan asupan untuk anakku  melalui ASI terjaga dengan baik. Aku pun mulai mengonsumsi sayur dan rajin makan buah-buahan. Hasilnya, Alhamdulillah ASI aku lancar.

5. Booster ASI

Ada ibu-ibu yang beruntung hanya dengan bahagia, support dari orang terdekat, rajin pumping, rajin nyusuin langsung, dan makan makanan sehat ASI langsung lancar car car… Tapi, ada juga yang harus berusaha mati-matian supaya ASI-nya keluar. Kalau buibu, termasuk yang harus berusaha keras, tandanya usahanya nih yang harus dimaksimalin. Sekarang kan zaman udah modern banget, buibu gampang banget buat akses berbagai informasi. Kita harus aktif banget nih buat cari tau apa aja yang bisa ningkatin produksi ASI. Salah satunya usaha yang dilakukam adalah dengan mengonsumsi booster ASI. Booster ASI ini harus yang aman buat ibu dan bayi. Nah, yang paling aman itu tentu aja yang terbuat dari bahan-bahan herbal dan alami yang nggak ada efek sampingnya. Temenku cerita, bahwa habatusaudah dan fenugreek sangat bagus untuk meningkatkan produksi ASI. Pas banget nih. ASI Booster Tea ternyata mengandung keduanya ditambah dengan bahan herbal alami lainnya. Nah, kalau ada satu booster ASI yang menggabungkan keduanya, kenapa harus mengonsumsinya terpisah, iya kan? Jangan khawatir buibu, ASI Booster Tea ini bener-bener aman karena dibuat dari 100% bahan herbal yang alami.Oiya, meskipun namanya ASI Booster Tea, minuman ini sama sekali nggak mengandung teh loh.

Buat info kontak detailnya, Buibu bisa liat dibawah ini yahhh…

Alhamdulillah, aku mampu juga melewati itu semua. Sekarang Abi berumur hampir 20 bulan. Aku berencana menyapihnya di umur tepat 24 bulan. Semoga aku dapat menyapihnya dengan cinta 🙂 

Buibu, para pejuang ASI, semangat terus yaaaah! 

XOXO,


Buicha & Abidzar

Spa Bayi, Perlu Nggak Sih?

Beberapa minggu belakangan ini, Abi lagi nggak pules tidurnya. Setiap malem dia bangun dan maunya nyusu terus. Duhhh, Ibunya jadi ikutan lemes deh paginya karena kurang tidur. Masalahnya nggak tau karena gigi taringnya atas bawah yang lagi mau tumbuh atau karena badannya pegal-pegal. Soalnya, dia sering seharian main nggak berenti, terus lagi suka posisi mau koprol, bahkan sesekali koprol gitu. Ngerinya dia salah urat atau apa kan. Aku dan suami akhirnya mutusin coba bawa dia ke baby spa supaya dia di massage.

Nah, sebenernya di Batam ini udah ada baby spa yg cukup famous itu lohhh, tempat Abi biasanya massage. Cuma, ada juga baby spa lokal yang tentunya harganya lebih murah *emak-emak irit* Kita coba deh Labatu Baby Spa. Buat aku sih very recommended shayyy! 

Aku ambil paket My Star Package, yaitu paket massage dan fruity bath selama 75 menit seharga Rp. 179.000,-. Mayan kannn? 

Sambil nunggu Mbak terapisnya siapin buat massage dan berendam, Abi nunggu sambil dikasi mainan gitu. Mbak-mbaknya super ramah deh.

Abis itu, Abi langsung di massage deh. Karena bocahnya lagi nggak bisa diem, jadi di massage sambil main dan duduk. Anaknya nggak mau disuruh tiduran boook! Hahaha.. Nah, mereka pake oil yang dikirim langsung dari Bali. Tenang aja Buibu, ini aman buat anak-anak dan nggak bikin alergi kok. Kalau aku cium sih bau markisa gitu. Hmmm enaaakk..

Selanjutnya, Abi scrubing dan berendam di bath tub. Scrub-nya dari bahan susu. Jadi, tenang sajaaah, tentu aman buat si kecil 🙂 Nah, di bath tub-nya selain dikasi mainan buah-buahan, dikasi juga potongan wortel, lemon, dan timun loh. Jadi, beneran wangi dan segar.

Agak beda sama baby spa sebelah nih,kalo Labatu ini tempat massage dan tempat berendamnya kebuka. Jadi, kita bisa liat anak-anak lain yang lagi spa. Sejujurnya, aku lebih suka yang ini sih. Soalnya, untuk seumur Abi gini, dengan tempat terbuka dia bisa liat teman-temannya di massage dan berendam. Dia bakal ngerasa rame dan seru. Ketimbang, dibilik-bilik sendiri dan hanya diputar video-video kartun.

Nggak berhasil ke rotate nih 😦

Tapi, mereka juga siapin tempat yang tertutup kok buat anak-anak yang agak besaran. Mereka juga punya ruangan khusus buat yang mau spa sekeluarga. Iya, jadi nggak cuma baby dan ibunya, bapaknya pun nggak cuma bengong-bengong nungguin tapi bisa ikutan treatment juga. Wahhh, asyik bener. Kayanya, next mau juga nih nyoba buat sekeluarga 😀

Eh iya, banyak ibu ibu yang suka bertanya-tanya, spa untuk bayi perlu nggak sih? Kalau buat aku sih, perlu banget! Sama aja kaya kita yang dewasa, anak bayi butuh massage atau pijatan lembut juga. Nah, tempat spa bayi ini pasti terapisnya sudah di-training jadi aku yakin bayi-bayi ini akan aman dipijat sama mereka. Aku sih percaya banget, massage bayi ini bikin peredaran darah dia menjadi lancar. Pastinya si bayi juga akan ngerasa sangat relaks deh.

Keuntungan spa bayi yang paling berasa nih, Abi tidurnya jadi enak dan pules gituuu.. Sampe kaya mager mau ngapa-ngapain gitu loh hahaha…*biasanya kan nggak mau diem* 

Yang penting, saat mau spa bayi jangan pas si kecil lagi demam, panas tinggi, abis makan banget, atau abis vaksin. Kalau flu, Abi pernah aku bawa baby spa, ada juga kan tuh spa bayi yang khusus buat bayi yang lagi flu, abis itu Abi tidurnya enaaaak… Spa baby bisa dimulai dari bayi umur 2 bulan asal beratnya udah mencapai 5 kg.

Kalau Abi, pas massage emang suka nggak bisa diem karena mungkin dia agak geli ya. Tapi, giliran berendam, dia ogah diangkat. Ha ha ha… 

Sekarang ini sih di berbagai kota udah mulai banyak ya Buibu berbagai pilihan salon spa baby. Harganya pun variatif, dari yang mehong sampe yang murce. Silakan mencoba yaaahh 🙂

XOXO,


Icha