[Event] Happy Meet Up KEB x Happy Fresh : Smart Financial Happy Ramadhan

Bulan Ramadhan hampir tiba.. Wahhh, so happy

Gimana nggak happy, bulan Ramadhan itu dinanti banget karena bakal jadi ajang silaturahmi. Di bulan Ramadhan, agenda buka puasa bersama bisa jadi ajang temu kangen temen-temen dan sahabat yang jarang ketemu atau bahkan udah lama banget nggak ketemu. Lebarannya pun jadi ajang temu kangen saudara-saudara yang jarang kita temuin.

Nah, karena banyak agenda buka puasa yang menanti plus pas Lebaran banyak banget yang mesti di persiapin kaya makanan, kue, angpao buat ponakan, belanja-belanja baju buat anak, mukena, jilbab, dan baju buat ortu dan mertua, dan sederet pengeluaran lainnya, otomatis pengeluaran di bulan Ramadhan jadi jauh melonjak di banding bulan-bulan lainnya, bener nggak sih Buibuu?

Suka pusing ngatur-ngaturnya, padahal kan jelang Lebaran gaji 2x lipat karena nerima THR ya, tapi kok malah berasa uang cepet menipis. Perlu solusi banget ini mah! Nggak lucu kan kalau abis Lebaran kita malah gigit jari karena keuangan seret πŸ˜…

Untungnya nih, aku diundang sama Emak-emak Blogger dan Happy Fresh buat ikutan Happy Meet Up dengan topik yang menarik banget, yaitu mengelola keuangan pas Bulan Ramadhan. Cihuuuy, pas banget ini! Pembicaranya Financial Planner, yaitu Mbak Prita Ghozie. 

Source photo : instagram Emak2Blogger

Mbak Prita bilang, ketika kita ada pemasukan, kita harus langsung membaginya buat biaya bulanan, dana darurat, dan investasi. Itu lah gunanya punya tabungan di beberapa bank. Jadi, begitu terima uang, bisa langsung kita bagi deh. Nah, aku baru ada 2 kartu nih, jadi memang cuma misahin uang bulanan sama tabungan aja. Aku belum alokasiin dana darurat nih, jadi kadang kalau ada yang darurat pakainya yang dana tabunganπŸ˜…πŸ˜…

Nah, kalau bulan Ramadhan, alokasinya agak beda sedikit nih. Jadi, begitu ada pemasukan, pembagiannya kaya gini :

5%  Zakat, Infaq, Sedekah

10% Dana Darurat

40% Biaya Hidup

20% Biaya Cicilan

5% Tabungan dan Investasi

20% Ramadhan Lifestyle

Kalau mau tabungan dan investasinya lebih banyak, ya mau nggak mau kita harus menekan di Ramadhan lifestyle-nya. Iya juga sih ya, kadang tuh kita membeli barang yang mungkin sebenernya belum kita perlu. Misalnya, kita terbiasa membeli baju untuk Lebaran, padahal sebenarnya baju kita masih banyak yang bagus-bagus dan bisa dipakai untuk Lebaran. *langsung cek isi lemari*

Mbak Prita ngasih beberapa tips juga nih gimana mengelola keuangan keluarga di Bulan Ramadhan.

  • Bikin Anggaran Ramadhan

Kadang suka ngerasa ribet sendiri kalau disuruh bikin anggaran sama suami. Padahal, bener sih anggaran tuh penting banget buat ngejagain kita supaya nggak ada pengeluaran yang melenceng jauh banget dari apa yang sudah kita anggarkan. Kalau kita udah bikin anggaran, kita juga jadi lebih hati-hati keluarin uang buat hal-hal lain yang diluar anggaran karena keuangannya sudah di plot sesuai kebutuhannya.

  • Siapkan Dana Darurat

Ini penting banget ya ternyata. Soalnya, kadang ada aja pengeluaran nggak terduga yang harus kita keluarin. Nah, pengeluaran nggak terduga ini jangan sampe ngeganggu anggaran buat biaya hidup sehari-hari dan juga tabungan. 

  • Rencanakan Keinginan

Nah, ini nihhh.. Kadang memang kita suka nggak bisa tegas nentuin mana yang kebutuhan sama keinginan. Kalau kebutuhan pastinya harus langsung dipenuhin dong ya. Kaya kalau makan itu kan kebutuhan, jadi tentu aja harus kita penuhin. Kalau keinginan? Itu yang harus ditinjau baik-baik. Seberapa urgent keinginan kita itu sampai harus kita penuhi. Kalau buat aku sih contohnya gini, makan itu kan memang kebutuhan, tapi kalau mau makan di resto mewah itu jadinya keinginan. Kalau kita punya budget yang lebih, setelah semua hal yang urgent dipenuhi sih, buat aku nggak masalah, iya nggak sih Buibuuu? πŸ™‚

  • Cerdas Berbelanja

Namanya emak-emak ya kan, semua dibeli, padahal kadang belum tentu kepakai. Nunjuk diri sendiri, Ha ha ha..  Ini tuh karena emang aku suka nggak nyiapin catetan apa aja yang mau dibeli kalau mau belaja bulanan. Ini nih yang bikin budget belanja jadi bengkak. Besok-besok kalau belanja mau pake catatan ah, biar nggak beli yang aneh-aneh πŸ˜€πŸ˜€ Samaaaa, nyari promo yang murah-murah dong pastinya. Pasti banyak kok tempat berbelanja yang nawarin promo dan diskon menarik, apalagi masuk bulan Ramadhan, bakal banyak promo Ramadhan hi hi hi..

  • Do It Online

Sepakat banget ini! Belanja via online itu keuntungannya adalah sangat memudahkan kita karena nggak perlu pergi keluar, cuma tinggal duduk manis sambil pakai HP atau laptop, masukin pesanan, bayar, dan barang pun dianter sampai rumah. Keuntungan lainnya, karena kita nggak keluar dan liat-liat barangnya secara langsung, jadinya kita nggak tergiur beli barang-barang lain deh. Pengeluaran pun bisa direm. Kalau kita pergi membeli sendiri, terus ngajak anak, mampirnya nggak cuma beli barang yang kita perlu aja, tapi beli barang lain misalnya kaya mainan atau anak minta main permainan di mall. Alhasil, pengeluaran makin bengkak deh. 

Soal poin yang terakhir ini, aku super setuju nih. Permasalahan utama aku itu, Abi lagi aktif-aktifnya. Jadi, kalau diajak ke supermarket dia bisa lari-larian dan berantakin barang. Soalnya, aku kan nggak pakai pengasuh, otomatis Abi kudu ikut kemana pun aku pergi. Yang ada aku jadi nggak konsen mau belanja. Makanya, buat aku belanja online itu pilihan yang tepat karena aku bisa belanja saat Abi lagi tidur.

Nah, Happy Fresh memang jadi salah satu pilihan aku buat belanja kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhannya Abi. Kalau nggak sempet pergi, aku bakal belanja buah-buah, daging giling, ikan salmon, susu, sereal, dan kebutuhan lainnya pakai aplikasi Happy Fresh. Gampang dan praktis bangetttt… Kita tinggal pilih tempat belanja yang deket sama rumah, pilih barangnya, bayar pake cash atau credit card, beres deh. Pesenan bakal tiba di depan rumah segera. Pilihan tempat belanjanya juga banyak, ada Transmart, Carrefour, Lotte Mart, Ranch Market, Hypermart, Red & White, Loka, Grand Lucky, Superindo, dan Farmers Market. Cihuy banget kan!

Kalau belanja yang seger-seger kaya buah atau daging di Happy Fresh aku juga nggak khawatir, soalnya personal shopper-nya udah terlatih milih barang-barang yang berkualitas. Udah gitu nggak sok tau, kalau ada barang yang nggak sesuai aplikasi, dia pasti bakal hubungin kita dan menanyakan apakah pesanannya mau diganti yang lain. 

Buat yang belanjanya repetitif kaya aku, bisa pake option YOUR LIST. Jadi, list belanja kita udah terdaftar di aplikasi, kita tinggal klik aja belanjaan yang mau kita beli lagi tanpa harus search ulang. Duhhh, mempermudah Buibu banget kan…

Nah,di bulan Ramadhan juga akan ada beberapa promo menarik lho untuk barang-barang top selling. Terus, ada juga beberapa barang yang kalau kita beli, kita bisa ikutan nyumbang dan akan disalurkan untuk orang yang membutuhkan. Wahh, belanja sekaligus beramal πŸ™‚

Tunggu apa lagi Buibuuu, cusss meluncur download aplikasi Happy Fresh segeraaa!

Hamdallah, nemu deh solusi buat keuangan di bulan Ramadhan. Ini aku udah mau mulai bikin anggaran Ramadhan nih. Yey!

Eh iya, selain dapet solusi keuangan, bonusnya ketemu Emak-emak blogger yang kece-kece serba hejo-oren.. 

Say cheese!

Plus ketemu senior di kampus yang udah lama nggak ketemu, Hallo Teh Wina πŸ˜Š

Well, semoga bermanfaat dan bisa langsung dipraktekin ya Buibuuu… Happy fasting, mohon maaf lahir batin πŸ™


XOXO,

Icha

Advertisements

3 thoughts on “[Event] Happy Meet Up KEB x Happy Fresh : Smart Financial Happy Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s