Bermain dan Belajar Bersama @masakecil.id

Aku sering flashback ke masa anak-anakku yang sangat menyenangkan. Tidak perlu mengenal gadget, tidak asyik sendiri menonton TV. Masa kecilku dihabiskan dengan bermain, bermain berbagai mainan yang dibelikan orang tua, bermain bersama teman di luar rumah, berlarian di alam bebas, bercengkrama dengan anak lain, tak jarang berkelahi berebut mainan. Ingin rasanya, anakku Abi merasakan yang sama. 
Nyatanya, dunia tak lagi sama. Anak-anak pasti udah nggak tau lagi serunya main bekel, main karet, main dompu, main masak-masakan yang nyabutin daun dan bunga-bungaan, main kapal dari kaleng yg bisa jalan beneran di air, main kasti, dan permainan-permainan khas masa kecil yang seru lainnya.

Dunia ini telah berubah menjadi terlalu maju. Anak-anak kecil tak lagi bercengkrama dengan anak seusianya, tapi mereka lebih asyik menghabiskan waktu dengan gadget-nya, bahkan bisa super panik kalo gadget-nya ketinggalan atau batrenya habis. Mereka nggak panik kalo mobil-mobilan yang dibeliin orang tua ilang? Atau barbie-nya tangannya copot? Atau masak-masakannya pancinya ilang entah kemana? Atau kereta-keretannya relnya rusak?

Aku nggak mau itu terjadi sama Abi. Aku pengen dia menikmati hari-harinya dengan bermain yang seru dan menyenangkan. Yang jadi peer buat kita sebagai orang tua, yaitu harus mulai menyesuaikan diri dengan kemajuan ini. Kita siapkan diri kita dengan permainan-permainan yang mungkin jauh lebih modern tapi tetap mendidik. 

Well, aku pun ikutan acara playdate sama @masakecil.id yang kali ini temanya buah dan sayur 😊 Aku pengen Abi berinteraksi dengan anak lain sambil bermain, belajar, sekaligus menstimulasi motoriknya. Kali ini, bertempat di Perdikan Resto, Antasari, Jaksel. Enaknya, selain ada tempat terbukanya buat anak-anak main, ada beberapa binatang yang dilepas bebas. Ada kelinci, rusa, ayam, burung, dan burung merak. Anak-anak bebas bermain dan bereksplorasi. Sayangnya, Abi agak takut untuk berdekatan dengan rusanya hihi.

Acara dimulai dengan berkenalan dengan berbagai jenis buah dan sayur. Anak-anak diajak menempelkan beraneka buah dan sayur di board. Lalu, Tante Lala dan Tante Eno dari @masakecil.id juga ngasih liat anak-anak buah-buahan dan sayur-sayuran yang asli lho. Anak-anak boleh memegang. 

Selanjutnya, anak-anak diajak untuk outdoor activity, yaitu berbelanja beraneka ragam buah dan sayur di pasar mini. Untungnya, cuaca lagi bersahabat mendung-mendung gimana gitu, jadi anak-anak nggak kepanasan deh. Mereka dibekali sebuah keranjang dan dipersilahkan memilih beraneka ragam buah dan sayur. Karena Abi mulai mengenal nama-nama sayur dan buah, dia keliatan cukup bersemangat disuruh belanja sampai keranjangnya penuh, hehehe… 

Lalu, anak-anak belajar mencuci buah dan sayur. Nah, ini yang paling anak-anak suka sekalian ciprat-cipratin sampe basah, hehe… Buah dan sayur disikat pake sikat gigi dan air sabun ,setelah itu di lap pakai handuk, dan dimasukan keranjang kembali kalau sudah kering.

Selanjutnya anak-anak diajak memisahkan mana sayur dan mana buah. Kalau seumur Abi sih mungkin belum terlalu paham yang mana sayur dan yang mana buah. Walaupun, dia udah mulai afal beberapa nama sayur dan buah beserta bentuknya. Tapi, dikasi petunjuk kok berupa gambar dan tulisan.

Di sesi berikutnya, anak-anak diajak untuk belajar memotong buah-buahan sendiri. Hasilnya, udah pasti acak-acakan. Tapi, itu nggak penting sih, yang penting proses belajarnya😍 Belajar memotong buah kaya gini bisa banget dipraktekin sendiri di rumah. Ini hal sederhana lho, tapi edukatif banget ya. Abis dipotong, buahnya boleh langsung dimakan. Asyiiikkk!

Nah, sesi terakhir buat anak-anak adalah membuat art craft. Ceritanya, bikin jus jeruk. Anak-anak diajak ngecap paper berbentuk gelas menggunakan potongan jeruk dan cat berwarna oranye, seolah-olah ini adalah jeruknya. Lalu, mengecap menggunakan spon dan cat berwarna putih, seolah-olah ini adalah es batunya. 

Tadaaaa…ini hasilnya….😎 Boleh dibawa pulang buat kenang-kenangan deh.

Nah, nggak cuma sesi buat anak-anak aja nih. Ada parenting class juga buat para orang tua dengan pembicara Tante Rosa, seorang Psikolog. Temanya, menjadi Mama Montessorian. Lebih ke ngobrol santai sih dan kita bebas nanya seputar perkembangan dan dunia anak-anak.

Sesungguhnya, sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk memberikan stimulasi-stimulasi untuk perkembangan semua aspek kehidupan anak. Terlebih, di usia golden age (0-6 tahun), di mana si anak sedang mengalami pertumbuhan yang pesat-pesatnya.

Mau ikutan keseruan playdate bareng masa kecil? Follow aja instagram @masakecil.id untuk dapet beragam infonya😊 

Semoga bermanfaat ya, Buibuuu ❤
XOXO,

Buicha & Abidzar

Advertisements

8 thoughts on “Bermain dan Belajar Bersama @masakecil.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s